Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0

Authors

  • Sonhaji Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Peran, Guru PAI, Era Society 5.0

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen dalam
pendidikan, termasuk dalam pendidikan agama islam yang
sangat menentukan berhasil tidaknya tujuan pendidikan
agama islam. Dalam proses belajar mengajar guru
tidak hanya berperan sebagai penyampai ilmu
pengetahuan, akan tetapi juga bertanggung jawab
terhadap perkembangan kepribadian peserta didik. Guru
harus menciptakan proses belajar sedemikian rupa,
sehingga dapat merangsang peserta didik untuk belajar
efektif dan dinamis dalam memenuhi dan mencapai
tujuan yang diharapkan. Pendidikan islam saat ini
dihadapkan pada tantangan yang sangat besar karena
belum usai dengan bergulirnya era industri 4.0, kita
dikejutkan dengan munculnya era society 5.0 yang harus
dihadapi dan menjadi tantangan tersendiri dalam dunia
pendidikan islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana peran guru pendidikan agama islam
dalam menghadapi era society 5.0. Penelitian ini
menggunakan studi pustaka atau library research.
Dalam teknik pengumpulan data peneliti akan
mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan
mengenai peran guru pendidikan agama islam
dalam menghadapi era society 5.0. Hasil penelitian: Guru
Pendidikan agama islam harus memiliki 3 (tiga)
kemampuan diantaranya adalah sebagai berikut:
Kemampuan dalam memecahkan suatu masalah,
Kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan
Kemampuan untuk berkreativitas dalam menghadapi
tantangan yang ditimbulkan dari munculnya era society
5.0.

Downloads

Published

2023-08-02