Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MTS Al-Muhsin

Authors

  • Vivi Nurdiana Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Guru PAI, Karakter, Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peran guru PAI dalam membentuk karakter Peserta didik di
MTs Al Muhsin Metro Tahun pelajaran 2022/2023.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif yang mengarah pada proses evaluative
terhadap obyek penelitian Untuk memperoleh data yang
diperlukan, maka penulis mengunakan beberapa metode
pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sumber data primer yang digunakan
mencatat hal pokok, sementara data sekunder untuk
mencatat data penunjang. Data yang diperoleh kemudian
diolah dengan langkah-langkah reduksi data, display,
verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan adapun pengimplementasian pembentukan
karakter peserta didik MTs Al Muhsin Metro, guru PAI
sangat terbantu oleh SOP yang dibuat oleh sekolah,
diantaranya: pertama, yaitu sembilan aspek kurikulum
unggulan sekolah MTs Al Muhsin Metro yang diterapkan
dalam mata pelajaran, kedua Code of Conduc MTs Al
Muhsin Metro yang merupakan kode atau ciri yang
berisikan kepribadian yang harus dimiliki peserta didik
sekolah MTs Al Muhsin Metro , ketiga EA (Excel
Apreciation), yaitu poin yang diberikan kepada peserta
didik dan merupakan konsekuensi dari perbuatan peserta
didik yang melanggar aturan sekolah dengan cara dipotong
poin setiap kali melanggar. Dari beberapa hal di atas
maka guru P A I akan sangat mudah untuk membentuk
karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang
berkarakter dan mencapai tujuan dan hasil yang
diharapkan.

Downloads

Published

2023-08-02