Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Aliya Ayu Lestari Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Peran Guru PAI, Motivasi, Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di Kelas IX di
MTSN 1 Peasawaran. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dengan
rancangan kasus tunggal. Pengumpulan data dengan tehnik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis
data mengggunakan analisis deskriptif dengan model
analisis interaktif. Untuk pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan Triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih upaya
guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik
mata pelajaran fiqih di Kelas IX di MTSN 1 Peasawaran.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam
peningkatan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran
fiqih dengan cara memberikan pujian, memberikan hadiah,
memberikan ulangan, memberikan hukuman. otivasi
belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran fiqh
perlu di pertahankan karena peserta didik memiliki
indikator Adanya hasrat dan keinginan berhasil adanya
dorongan dan kebutuhan dalam belajar,adanya harapan dan
cita-cita masa depan. Faktor yang mempengaruhi motivasi
belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran fiqh
adalah faktor intrinsic yang merupakan dorongan dari diri
peserta didik tersebut. Faktor ekstrinsik yang berasal dari
lingkungan peserta didik seperti dorongan dari orang tua
dan lingkungan

Downloads

Published

2023-08-02