Peningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di SD Hikmah

Authors

  • M.Mustangin Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Peningkatan, Minat Belajar, PAI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan memahami tentang peningkatan Guru dalam
meningkatkan minat belajar anak dalam mata Pelajaran
Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif, yang berlokasi di SD Hikmah. Peneliti
melakukan wawancara terstruktur maupun wawancara
tidak terstruktur dengan para nara sumber guru Pendidikan
agama Islam dan guru kelas di SD Hikmah dengan
didukung oleh data dokumentasi dan observasi secara
langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada
peran khusus tentang tinjauan peranan guru dalam
meningkatkan minat belajar anak pada Pelajaran
Pendidikan Agama Islam, maka dapat disimpulkan bahwa
selain tiga peran yaitu guru sebagai pendidik, pembina dan
pengawas, guru juga sebagai teladan maupun pendamping
yang telah dilakukan, membuktikan bahwa peranan guru
sangat mempengaruhi dalam meningkatnya minat belajar
Agama Islam di SD Hikmah. Sekolah ini menjalankan dua
(2) kurikulum yaitu kurikulum umum dan kurikulum
khusus (keIslaman / keagamaan) yang memiliki targetan,
aktivitas kegiatan praktek ibadah harian seperti berwudhu,
sholat dhuha berjama’ah, hafalan, begitu juga dengan
azan tapi anak tetap memiliki minat belajar dengan baik.
Artinya dengan peran guru yang dijalankan dengan baik,
maka dapat mempengaruhi anak di bidang pengembangan
lainnya, sehingga perlunya penambahan waktu belajar PAI
di SD Hikmah.

Downloads

Published

2023-08-02