Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Authors

  • Hafid Hidayatullah Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Guru PAI, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di Kelas
VII di SMPN 34 Palembang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dengan
rancangan kasus tunggal. Pengumpulan data dengan tehnik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis
data mengggunakan analisis deskriptif dengan model
analisis interaktif. Untuk pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan Triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih upaya
guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik
mata pelajaran akidah akhlak di Kelas VII di SMPN 34
Palembang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya
guru dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik mata
pelajaran akidah akhlakdengan cara memberikan pujian,
memberikan hadiah, memberikan ulangan, memberikan
hukuman. otivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata
pelajaran akidah akhlak perlu di pertahankan karena
peserta didik memiliki indikator Adanya hasrat dan
keinginan berhasil adanya dorongan dan kebutuhan dalam
belajar,adanya harapan dan cita-cita masa depan. Faktor
yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas
VII pada mata pelajaran akidah akhlak adalah faktor
intrinsic yang merupakan dorongan dari diri peserta didik
tersebut. Faktor ekstrinsik yang berasal dari lingkungan
peserta didik seperti dorongan dari orang tua dan
lingkungan.

Downloads

Published

2023-08-02