Peranan Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Indah Mintary Anggraini Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Guru PAI, Minat Belajar, Mata Pelajaran PAI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan memahami tentang peranan Guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, interview dan dokumentasi. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data
primer yang digunakan mencatat hal pokok, sementara data
sekunder untuk mencatat data penunjang. Data yang
diperoleh kemudian diolah dengan langkah-langkah
reduksi data, display, verifikasi dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
PAI, maka dapat disimpulkan bahwa tiga peran yaitu guru
sebagai pendidik, pembina dan pengawas yang telah
dilakukan, membuktikan bahwa peranan guru sangat
mempengaruhi meningkatnya minat siswa belajar PAI di
SDN 45 Krui. Sekolah ini menjalankan dua (2) kurikulum
yaitu kurikulum umum dan kurikulum khusus (keIslaman /
keagamaan) yang memiliki targetan hafalan minimal 3 juz
ketika lulus, aktivitas kegiatan praktek ibadah harian
seperti berwudhu, sholat dhuha,muroja’ah hafalan, sholat
dzuhur berjama’ah, begitu juga dengan azan tapi siswa
tetap memiliki minat belajar PAI dengan baik. Artinya
dengan peran guru yang dijalankan dengan baik, maka
dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar PAI
walaupun muatan materinya perlunya penambahan waktu
belajar PAI di SDN 45 Krui.

Downloads

Published

2023-08-02