Pola Komunikasi Interpersonal Guru dalam Rangka Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Endang Sri Wahyuni Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Guru, Pembinaan Akhlak

Abstract

Komunikasi interpersonal di sekolah yang terjalin antara
guru dan murid merupakan salah satu faktor penting dalam
menentukan perkembangan individu terutama perkembangan akhlak.
Setiap guru, tentunya memiliki cara mendidik dan mengasuh dengan
cara yang berbeda-beda. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pola komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh
guru dan murid dalam membina akhlak di MTs Hidayatul Mubtadiin
Jati Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif studi kasus. Sumber data yang diperoleh
melalui wawancara dan observasi dengan informan guru dan murid.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan
peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs
Hidayatul Mubtadiin Jati Agung menunjukan bahwa komunikasi
interpersonal antara guru dan murid dalam proses pembentukan
akhlak berjalan dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dari segi
pendekatan komunikasi yang dilakukan yaitu dengan memotivasi dan
membina murid untuk menjadi orang yang berakhlakul karimah.
Hubungan yang terjalin antara guru dan murid yang bisa dirasakan
setelah penerapan pola komunikasi interpersonal. Hal tersebut
dibuktikan dengan kedekatan antara guru (komunikator) dan murid
(komunikan) setelah komunikasi antara kedua belah pihak terjadi,
ada penyelesaian masalah dan perubahan sikap pada murid.
Sedangkan perubahan yang dirasakan oleh murid setelah penerapan
komunikasi interpersonal dilakukan yaitu ada ketakutan untuk
melakukan kesalahan dan mengubah sikap untuk menjadi lebih baik
dari sebelumnya. Sehingga pola komunikasi interpersonal guru dan
murid dalam pembinaan akhlak di MTs Hidayatul Mubtadiin Jati
Agung dinyatakan berhasil.

Downloads

Published

2023-08-02