PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

Authors

  • Anis Inzaroh Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Model Pembelajaran, Word Square, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi
siswa melalu model pembelajaran kooperatif tipe word square.
Penelitian dilakukan di MIS Miftahussalam. Metode penelitian
menggunakan penelitian kualitatif deskriftip. Metode pengumpulan
data menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa 1) Penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Word
Square memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa
dalam setiap siklus, yaitu rerata siklus I (60,36), Siklus II (73,75), dan
Siklus III (78,21); 2) Pembelajaran Kooperatif tipe Word Square ini
memiliki dampak positif terhadap kerja sama antar siswa, hal ini
ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa
yang lebih mampu mengajari temannya yang kurang mampu dan
dapat meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran
dengan demikian siswa tertarik untuk belajar dan tidak menimbulkan
kejenuhan; 3) Kemampuan guru meningkatkan dalam mengelola
proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Kooperatif tipe Word Square

Downloads

Published

2023-08-02