Hubungan Antara Kompetensi Guru Al-Quran Hadist Dengan Prestasi Belajar Siswa Didik Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Kelas VII MTS Al-Furqon Rawi Penengahan Lampung Selatan

Authors

  • Ahmad Basyir Kafilullah Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa, Pelajaran Al-Quran dan Hadis

Abstract

Begitu pentingnya Al-Qur’an dan Hadist bagi umat
Muslim sehingga dalam pendidikanpun khususnya dalam mata
pelajaran Al-Qur’an Hadist diarahkan untuk memberikan bekal
kepada peserta didik agar mampu memahami Al-Qur’an dan Hadist
dengan unsur pengajarannya. Kemampuan baca Al-Qur’an di
MTs MTS Al-Furqon berada pada rentang nilai antara cukup
dan baik yaitu 264, dan kemampuan tulis Al-Qur’an di MTS
Al-Furqon Rawi Penengahan ini berada pada rentang nilai antara
kurangdan cukup yaitu 138. Dan hasil dari nilai gabungan
kedunya kemampuan baca tulis Al-Qur’an terdapat nilai tertinggi
adalah 81 dan nilai terendah yaitu 65. Dari temuan ini dapat
disimpulkan bahwa guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist ini
tidak mementingkan nilai membaca dan menulis Al-Qur’an siswa,
melainkan hanya mementingkan hasil nilai materi di sekolah.
Prestasi belajar siswa di MTS Al-Furqon Rawi Penengahan
tergolong cukup baik, karena dilihat dari hasil rekapitulasi nilai
akhir siswa terdapat nilai tertinggi adalah 81 dan nilai yang
terendah adalah 74. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa
prestasi belajar siswa MTS Al-Furqon Rawi Penengahan ini baik,
namun dalam hal baca tulis Al-Qur’an sedikit lebih rendah.

Downloads

Published

2023-08-02