Implementasi Metode Bernyanyi Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Sevi Mutia Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Metode Bernyanyi, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi metode bernyanyi untuk
meningkatkan aspek perkembangan sosial emosional anak
di TK PGRI Dewi Sartika. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan
merupakan penelitian lapangan, dengan guru TK PGRI
Dewi Sartika sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data
menggunakan kegiatan observasi, dokumentasi dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi,
display, dan verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan
ini dapat menunjukkan bahwa metode bernyanyi adalah
metode utama yang selalu digunakan di setiap kegiatan
pembelajaran pada anak di sekolah. Selain itu, metode
bernyanyi juga digunakan untuk mengembangkan aspek
sosial emosional anak. Melalui bernyanyi, anak-anak sangat
antusias dan senang mengikutinya. Metode ini digunakan
pada kegiatan awal, kegiatan ini dan kegiatan penutup.
Aspek sosial emosional anak dapat berkembang dengan
baik menggunakan metode bernyanyi. Disamping itu, anak
terlihat lebih bersemangat dan antusias dalam kegiatan
pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode
bernyanyi. Maka dari itu, metode ini sangat tepat digunakan
untuk mengembangkan aspek sosial emosional anak.

Downloads

Published

2023-08-02