Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII MA 1 Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Dwi Asmawati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Profesionalitas Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Guru yang profesional merupakan faktor penentu proses
pendidikan yang berkualitas. Untuk dapat menjadi guru profesional,
mereka harus mampu menemukan jati diri dan mengaktualisasikan
diri sesuai dengan kemampuan dan kaidah-kaidah guru yang
profesional. Mengenai rendahnya kualitas pendidikan saat ini,
merupakan indikasi perlunya keberadaan guru profesional. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi fungsional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas
(X) profesionalisme guru terhadap variabel terikat (Y) Prestasi
belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas atas diantaranya
kelas XII-A MA 1 Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung
Lampung Selatan dengan jumlah keseluruhan yaitu 108 siswa.
Sampel penelitian yang digunakan menggunakan rumus slovin yang
mana terdapat 85 siswa dengan menggunakan teknik simpel random
sampling (acak). Teknik pengambilan data sampel di dalam survey
ini memegang peranan yang sangat penting, dalam pengumpulan data
ini menggunakan instrumen angket/kuesioner. Teknik analisis data
merupakan cara yang digunakan untuk menganalisis data yang
diperoleh dari hasil penelitian. Dalam analisis data ini penulis
menganalisis angket yang disebarkan kepada responden dengan
menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana.

Downloads

Published

2023-08-01