Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Studi di MA Hidayatul Mubtadiin)

Authors

  • Anggun Dwi Jayanti

Keywords:

Motivasi Belajar, Pelajaran Fiqh

Abstract

Guru memegang peranan yang penting dalam proses
belajar mengajar, dipundaknya terpikul tanggung jawab untuk
keefektifan seluruh usaha pendidikan di sekolah, baik dalam
peningkatan kualitas sumber daya manusia, aktifitas maupun hasil
belajar peserta didik. Pada pembelajaran Al- Qur’an Hadits di MA
Hidayatul Mubtadiin Jati Agung masih dijumpai kurang adanya
interaksi antara guru dan peserta didik. Kondisi seperti ini terjadi
hampir di setiap kelas, terutama kelas X A. Hal ini terlihat pada
waktu guru menerangkan materi tajwid, suasana kelas tenang tetapi
cenderung tegang. Peserta didik mendengarkan keterangan guru
dengan tenang tanpa berani menoleh, sehingga guru dengan antusias
menerangkan materi pelajaran tanpa melibatkan siswa-siswi.
Selanjutnya rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana
motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an
Hadits melalui model pembelajaran berbasis portofolio di MA
Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. Sedangkan penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan
(observasi), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan triangulasi yaitu, reduksi data, display data dan
verivikasi. Berdasarkan hasil analisis data pada pembahasan bab
sebelumnya, dapat diambil kesimpulan mampu mengembangkan
motivasi dan hasil belajar al-qur’an hadits melalui model
pemebelajaran berbasis portopolio di MA Hidayatul Mubtadiin Jati
Agung yaitu dengan belajar siswa aktif, kelompok belajar siswa
kooperatif, mengajar yang kreatif, metode discovery dan metode
inquiry.

Downloads

Published

2023-08-01