PENERAPAN STRATEGI BELAJAR DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS HIDAYATUL MUBTADI’IN KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Mahrup

Keywords:

Metode Role Play, Hafalan Mufrodat, sosiodrama

Abstract

Pendidikan Islam sebagai suatu proses
pengembangan petensi kreatifitas anak didik bertujuan untuk
mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah
SWT. Cerdas, terampil, patuh pada negara dan agama.
Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang berdasarkan
Al-qur'an dan Sunnatullah. Selain mempunyai tujuan keilmuan
yang menjadikan manusia sebagai kholifah yang dapat
menjalankan tugasnya yang baik. Berdasarkan pada hasil
penelitian yang telah dilaksanakan dikelas VII ternyata dengan
metode role play yang diterapkan dikelas VII dapat
membantu siswa lebih cepat dalam menghafal materi yang
diajarkan dan siswa dapat belajar lebih mudah karena isi
materi yang diajarkan dalam Bahasa Arab tidak hanya materi
yang cukup dengan membaca dan memahami tetapi memerlukan
beberapa metode yang di kembangkan dalam pembelajaran
yaitu: dengan menginternalisasikan materi sehingga hasil
belajar mengajar pun dapat berhasil maksimal, disamping itu
adanya respon positif dari siswa terhadap metode yang di
kembangkan. Metode role play mengembangkan peserta
didik pada ranah efektifnya. Diharapkan dengan adanya
metode role play ini siswa benar-benar dapat memperbanyak
menghafal mufrodat. Kelebihan lain dari metode role play selain
dapat meningkatkan penghafalan mufrodat lebih mudah dan
antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran

Downloads

Published

2023-07-31