SEJARAH DAN TOKOH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KONTEKS PENDIDIKAN

Authors

  • Abd Muiz Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Muhammad Yasin Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Fahmi Arsyad Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57146/alwildan.v2i1.2006

Keywords:

TQM, MANAJEMEN, PENDIDIKAN

Abstract

Perkembangan ilmu manajemen sangatlah pesat dan telah melahirkan berbagai pendekatan, membawa implikasi bagi perkembangan ilmu manajemen pendidikan islam. Di era yang tinggi persaingan seperti saat ini, institusi pendidikan membutuhkan teori-teori manajemen yang dapat dipraktekkan untuk menciptakan institusi yang dapat bertahan dan jangka panjang. Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas mengenai sejarah dan tokoh Total Quality Management (TQM) beserta implikasinya terhadap dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan melakukan reviu terhadap berbagai tulisan artikel maupun dokumen atau file (review literature) yang terkait dengan sejarah dan tokoh TQM serta implikasinya terhadap konteks pendidikan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwasannya TQM pertama kali muncul ketika ahli statistik AS W. Edward Deming menolong para insinyur dan teknisi untuk menggunakan teori statistik untuk memperbaiki kualitas produksi. Ternyata setelah perang banyak yang meremehkan teori tersebut termasuk perusahaan-perusahaan yang ada di amerika. TQM pertama kali diperkenalkan untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah-masalah selama proses produksi untuk mencegah adanya kegagalan pada suatu produk.  bisa  sangatlah berpengaruh terhadap dunia pendidikan yang telah merubah beberapa kesadaran tentang kualitas atau mutu dari lembaga pendidikan itu sendiri.

Kata Kunci: Manajemen, TQM, Pendidikan.

References

Al-Qahtani, N. D., Alshehri, S. S., & Aziz, A. A. (2015). The impact of Total Quality Management on organizational performance. European Journal of Business and Management, 7(36), 119–127.

Baharuddin, B., & Makin, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam. UIN-Maliki Press.

Bishnoi, N. (2018). Total Quality Management (TQM) in Education: A Revolution. Developing Quality Systems in Education, 9(2), 83.

Firmansyah, F. (2019). Konsep Dan Sejarah Total Quality Management. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 13–29.

Ismail, F. (2018). Implementasi total quality management (TQM) di lembaga pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2).

Karageorgos, C., Kriemadis, A., Travlos, A., & Kokaridas, D. (2021). Planning and implementing total quality management in education: The case of Cyprus. International Journal of Educational Management and Innovation, 2(1), 1.

Mulyadi, R. (2017). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. In Jakarta: Kalam Mulia.

Priamiani, C. N., & Ariani, D. W. (2005). Total Quality Management dan Service Quality dalam Organisasi Pendidikan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2.

Purnomo, S. A., & Maksum, M. (2020). Total Quality Management (Tqm): Konsep Dan Prinsip Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 2(2), 207–216.

Rukiah, R. (2015). Aplikasi TQM (total quality management) dalam mengubah budaya organisasi. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(1), 20–42.

Saefullah, M. P. I. (2013). Manajemen Pendidikan Islam. In Pustaka Setia.

Sharples, K. A., Slusher, M., & Swaim, M. (1996). How TQM can work in education. Quality Progress, 29(5), 75.

Siagian, S. P. (2017). Filsafat Administrasi, Edisi ke-10. In Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zanqar, F. S. M., Khatibi, A., Azam, S. M. F., & Tham, J. (2019). The impact of ISO principles of Total Quality Management on higher education quality. European Journal of Management and Marketing Studies, 4(1), 100–108.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Muiz, A., Yasin, M. ., & Arsyad, F. . (2024). SEJARAH DAN TOKOH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KONTEKS PENDIDIKAN. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.57146/alwildan.v2i1.2006

Issue

Section

Articles