SISTEM REKRUITMEN, SELEKSI, PENEMPATAN CALON GURU DAN KARYAWAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN UPTD SDN 2 RAMA PUJA RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR

Authors

  • Dili Arissandi Pascasarjana Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Tri Yutanto Pascasarjana Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Andi Warisno Pascasarjana Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Nasor Nasor Pascasarjana Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • An An Andari Pascasarjana Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57146/alwildan.v1i3.1396

Keywords:

Rekruitmen, Seleksi dan Penempatan

Abstract

Rekrutmen merupakan proses pencarian dan pemikat para calon karyawan yang mampu untuk melamar pekerjaan, yang selanjutnya akan dilakukan seleksi pegawai. Seleksi pegawai merupakan salah satu hal yang penting untuk mendapatkan calon karyawan yang berkualitas, maka dari itu perusahaan harus dapat melakukan proses rekrutmen yang baik.Manfaat dari rekrutmen adalah memiliki fungsi sebagai “the Right Man on The Right Place”, dimana hal ini menjadi pegangan bagi para manager dalam menempatkan tenaga kerja yang ada di perusahaannya. Penelitian dilakukan pada UPTD SDN 2 Rama Puja, Raman Utara, Lampung Timur. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah Proses Rekrutmen, seleksi, dan Penempatan di UPTD SDN 2 Rama Puja, Raman Utara, Lampung Timur? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Rekrutmen, seleksi, dan Penempatan di UPTD SDN 2 Rama Puja, Raman Utara, Lampung Timur? Penelitian ini mengguakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta data ysng dikumpulkan terutama data kualitatif. Dalam penelitian kualitatif,  teori yang digunakan dalam penyusunan proposal  penelitian kualitatif juga masih bersifat sementara, dan akan berkembang setelah peneliti memasuki lapangan atau konteks sosial. Dalam kaitannya dengan teori dalam penelitian kualitatif bersifat menemukan teori.

References

Edy, Sutrisno. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Hadari, Nawawi. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Kristanu.Y.L (2013). ANALISIS Rekrutmen, Seleksi, dan Penempatan karyawan di PT. Nyonya Menner di Semarang. Jurnal Agora, vol.1 No.3.

Mardiah. Nila. (2016). Rekrutmen, Seleksi Dan Penempatan Dalam Perspektif Islam. Jurnal kajian ekonomi islam, Vol.1, No.2.

Potale.B.L, Lengkong Viktor., Moniharapon S (2016). Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Bank Sulutogo. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol.16 No.4.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Theresia Kristianty, (2003). Metode Penelitian Kualitatif dan Enam Tradisi Penelitian Kualitatif Jakarta: Balai Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-03-05

How to Cite

Arissandi, D. ., Yutanto, T., Warisno, A. ., Nasor, N., & Andari, A. A. (2023). SISTEM REKRUITMEN, SELEKSI, PENEMPATAN CALON GURU DAN KARYAWAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN UPTD SDN 2 RAMA PUJA RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR . Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 137–145. https://doi.org/10.57146/alwildan.v1i3.1396

Issue

Section

Articles