AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF <p>AL FATIH is an Islamic Education Management journal published by the IAI AN Nurlampung Postgraduate Program which is published twice a year in June and December, wiht number <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210518251319458"><strong>e-ISSN 2797-8834</strong></a>. This journal focuses its scope on the issue of Islamic Religious Education. We invite scientists, scholars, researchers and professionals in the field of Islamic Education to publish their research results in the Al Fatih Journal. This journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Religious Education.</p> en-US alfatihjurnal21@gmail.com (Admin Jurnal) olan.maulana28@gmail.com (olan maulana) Thu, 05 Jan 2023 05:28:36 +0000 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DI ERA DISRUPSI http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/27 <p><em>Pada era disrupsi, pendidikan mulai mengalami pergesaran serta perubahan secara masif, baik dari sistem, adminsitratif, maupun tekhnis. Terjadinya disrupsi membuat peran pendidik mulai tergerus, dan membuat pendidik tidak lagi menjadi elemen krusial dalam dimensi pendidikan, kemudian kegiatan pembelajaranpun sudah tidak terikat dengan ruang dan waktu. Dengan kata lain, akar dari sistem pendidikan konvensional mulai tercabut dan bertransisi menuju sistem pendidikan yang baru berbasis digital. Arus perkembangan tekhnologi dan informasi yang mengalir sangat deras dalam dunia pendidikan, menuntut tenaga pendidik melakukan pembaharuan dari sisi intelektual, interpersonal, maupun keterampilan. Artikel ini mencoba membahas tentang pengembangan sumber daya tenaga pendidik, dengan fokus pada pengembangan kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadapi era disrupsi. Kompetensi pada dasarnya bersifat progresif, artinya kompetensi harus selalu dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi, serta kebutuhan zaman. Pengembangan kompetensi tenaga pendidik pada hakikatnya adalah bagian dari upaya menghadapi segala perubahan dan tantangan dalam dunia pendidikan, terutama pada era disrupsi ini.</em></p> Willy Radinal Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/27 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 BELAJAR MANAJEMEN SENI MEMIMPIN DARI PERISTIWA BAI’AT AL AQABAH PERTAMA DAN KEDUA http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/28 <p>Tulisan ini bertjuan mengkaji episode dakwah nabi Muhammad, khusunya di awal masa risalah, yaitu perjanjian aqaah (<em>ba’iatul aqabah</em>) pertama dan kedua. Dengan alat analisis manajemen sumber daya manusia masa kini,dikupas praktik (seni) memimpin ala Muhammad, nabi yang agung sepanjang sejarah – khususnya peran sebagai pemimpin (<em>leader</em>) dan penyelia (<em>supervisor</em>) umat. Nabi Muhammad mempraktikkan seni memimpin kepada umatnya dalam berbagai wujud; memberi contoh, memperkuat spirit kejuangan, memperhatikan sumber daya manusia, dan menambah fasilitas dakwah Islam.</p> Erjati abas Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/28 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/29 <p>Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurang antusias dalam pembelajaran. kenyataannya proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Peserta didik hanya diam mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, membaca buku materi kemudian menghafal materi-materi yang tertulis dalam buku pelajaran. Menghafalkan materi-materi pembelajaran tanpa mengajaknya mengalami secara langsung. Seharusnya peserta didik bisa berperan akif, kreatif serta mandiri dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga kegiatan pembelajaran tidak lagi terpusat pada guru melaikan pada peserta didik. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran <em>scaffolding</em> dalam membentuk kemandirian belajar siswa.</p> <p>Penelitian dengan subyek strategi pembelajaran scaffolding dalam membentuk kemandirian belajar siswa&nbsp; ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif . Jenis Penelitian ini menggunakan fenomenologi. Fenomena yang tampak adalah refleksi dari realitas yang tidak berdiri sendiri karena ia meliliki makna yang memerlukan penafsiran lebih lanjut. Penelitian dilksanakan di kelas V MI Islaiyah Slumbung Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.</p> <p>hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Strategi Pengelolaan Pembelajaran <em>Scaffolding</em> dalam Membentuk Kemnadirian Belajar siswa dapat dilakukan dengan Penjadwalan mengenai penggunaan media yang tepat dengan materi, metode metode yang harus di terapakan, alokasi waktu yang digunakan dalam belajar. Catatan kemajuan belajar bisa diperoleh saat proses pembelajaran maupun ketika evaluasi. Dari catatan kemajuan belajar tersebut guru bisa mengevaluasi kelebihan dan juga kekurangan siswa kemudian bisa untuk memberikan motivasi siswa agar lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. kontrol belajar yang mencangkup kebebasan siswa dalam berpendapat, terdapat korelasi antara siswa dengan media dan juga guru juga harus dikelola dengan baik agar proses pembelajaran dengan menggunakan strategi <em>scaffolding</em> benar benar menjadi strategi pembelajaran yang efektif. (2) Strategi Penyampaian Pembelajaran <em>Scaffolding</em> dalam Membentuk Kemandirian Belajar dapat dilakukan dengan penggunaan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yaang akan sampaikan. Metode yang dipergunakan dalam pembelajaran meliputi cramah, diskusi, <em>rool play</em>, tanya jawab dan juga demonstrasi. Pembelajaran diluar kelas (<em>out door</em>) juga dilakukan agar siswa tidak merasa jenuh dan memiliki suasana baru. Kegiatan pembelajaran dikakukan dengan guru memberikan salam, apersebsi, menjelaskan isi materi secara global dan meberikan tugas untuk diselesaikan bersama kelompok dilanjutkan pembagian kelompok, sesuai dengan tingkat kognitifnya pemberian bantuan secara penuh kepada siswa yaang kurang mampu dan lama kelamaan pemberian bantuan semakin dikurangi, pemaparan hasil kerja kelompok, dilanjutkan sesi tanya jawab antar siswa yang didampingi guru. Penjelasan inti dari pembelajaran, dilanjutkan salam dan do’a penutup.</p> Hadi Mustofa Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/29 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATANKUALITAS PENDIDIKAN(Studi kasus di MTS Nurul Islam Airbakoman) http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/30 <p><span dir="ltr">Manajemen kurikulum adalah kegiatan pengaturan </span><span dir="ltr">yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, </span><span dir="ltr">pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi agar </span><span dir="ltr">program pendidikan dapat berjalan dengan baik dan </span><span dir="ltr">sesuai dengan tujuan yang telah di</span><span dir="ltr">tetapkan.</span><span dir="ltr">Dari latar belakang diatas penulis merumuskan judul </span><span dir="ltr">“Strategi Manajemen Kurikulum Dalam </span><span dir="ltr">Peningkatan Kualitas Pendidikan)” Adapun </span><span dir="ltr">rumusan masalah dalam skripsi ini adalah </span><span dir="ltr">bagaimana problem manajemen kurikulum dalam </span><span dir="ltr">upaya meningkatkan kualitas pend</span><span dir="ltr">idikan</span><span dir="ltr">di MTS </span><span dir="ltr">Nurul Islam Airbakoman</span><span dir="ltr">dan bagaimana strategi </span><span dir="ltr">manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas </span><span dir="ltr">pendidikan</span><span dir="ltr">di MTS Nurul Islam Airbakoman</span><span dir="ltr">.</span><span dir="ltr">Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan </span><span dir="ltr">teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku </span><span dir="ltr">yang diamati sehingga dalam hal ini penulis </span><span dir="ltr">berupaya mengadakan penelitian yang bersifat </span><span dir="ltr">sebenarnya.</span><span dir="ltr">Hasil dari penelitian yang penulis lakukan diketahui </span><span dir="ltr">bahwasanya problem manajemen kurikulum dalam </span><span dir="ltr">upaya meningkatkan kualitas pendidikan di </span><span dir="ltr">MTS </span><span dir="ltr">Nurul Islam Airbakoman </span><span dir="ltr">adalah kurangnya alokasi </span><span dir="ltr">waktu, jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak, </span><span dir="ltr">dan kurangn</span><span dir="ltr">ya sarana prasarana pendidikan.</span></p> Ahmad Sayuti Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/30 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 MANAJEMEN STRATEGIKDALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/31 <p><span dir="ltr">Penelitian </span><span dir="ltr">ini </span><span dir="ltr">bertujuan </span><span dir="ltr">untuk </span><span dir="ltr">mengetahui </span><span dir="ltr">bagaimana kondisi</span><span dir="ltr">profesionalitas guru di Madrasah </span><span dir="ltr">Aliyah </span><span dir="ltr">Nurul Islam Airbakoman</span><span dir="ltr">, </span><span dir="ltr">s</span><span dir="ltr">e</span><span dir="ltr">r</span><span dir="ltr">t</span><span dir="ltr">a</span><span dir="ltr">untuk </span><span dir="ltr">mengatahi</span><span dir="ltr">bagaimana penerapan manajemen </span><span dir="ltr">strategik dalam meningkat</span><span dir="ltr">kan profesionalitas</span><span dir="ltr">guru di </span><span dir="ltr">Madrasah Aliyah </span><span dir="ltr">Nurul Islam Airbakoman</span><span dir="ltr">. </span><span dir="ltr">Penelitian ini membahas tentang pene</span><span dir="ltr">rapan </span><span dir="ltr">manajemen </span><span dir="ltr">strategik </span><span dir="ltr">dalam </span><span dir="ltr">meningkatkan </span><span dir="ltr">profesionalitas guru</span><span dir="ltr">. </span><span dir="ltr">Penelitian ini dilakukan melalui </span><span dir="ltr">pengamatan yang bert</span><span dir="ltr">olak dari dua permasalahan </span><span dir="ltr">yakni meningkatkan profesionalitas guru </span><span dir="ltr">dan melalui </span><span dir="ltr">penerapan manajemen </span><span dir="ltr">strategik pendidikan</span><span dir="ltr">.</span><span dir="ltr">Pada </span><span dir="ltr">dasarnya penelitian ini menggunakan metode </span><span dir="ltr">kualitatif </span><span dir="ltr">dan </span><span dir="ltr">pendekatan </span><span dir="ltr">Fenomenologi</span><span dir="ltr">. Untuk </span><span dir="ltr">memp</span><span dir="ltr">eroleh data, penulis melakukan </span><span dir="ltr">wawancara, </span><span dir="ltr">observasi, dokumentasi d</span><span dir="ltr">an menguji keabsahan data </span><span dir="ltr">yaitu</span><span dir="ltr">Triangulasi </span><span dir="ltr">dengan </span><span dir="ltr">menggunakan study </span><span dir="ltr">lapangan </span><span dir="ltr">dalam</span><span dir="ltr">pengumpulan data</span><span dir="ltr">.</span><span dir="ltr">H</span><span dir="ltr">a</span><span dir="ltr">s</span><span dir="ltr">i</span><span dir="ltr">l</span><span dir="ltr">p</span><span dir="ltr">e</span><span dir="ltr">n</span><span dir="ltr">e</span><span dir="ltr">l</span><span dir="ltr">i</span><span dir="ltr">t</span><span dir="ltr">i</span><span dir="ltr">a</span><span dir="ltr">n</span><span dir="ltr">m</span><span dir="ltr">e</span><span dir="ltr">n</span><span dir="ltr">u</span><span dir="ltr">n</span><span dir="ltr">j</span><span dir="ltr">u</span><span dir="ltr">k</span><span dir="ltr">a</span><span dir="ltr">n</span><span dir="ltr">u</span><span dir="ltr">saha peningkatkan </span><span dir="ltr">profesionalitas guru sudah semakin meningkat </span><span dir="ltr">karena ditunjang dengan berbagai macama pelatihan </span><span dir="ltr">dan workshop, mulai dari pelatihan yang diberikan </span><span dir="ltr">langsung oleh Kepala Madrasah sampai pelati</span><span dir="ltr">han </span><span dir="ltr">dari luar.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada </span><span dir="ltr">beberapa </span><span dir="ltr">implikasi </span><span dir="ltr">terhadap </span><span dir="ltr">pihak </span><span dir="ltr">yang </span><span dir="ltr">berkompeten demi peningkatan profesionalitas guru </span><span dir="ltr">yaitu menanbah prasarananya, agar hasil penelitian </span><span dir="ltr">ini </span><span dir="ltr">dapat </span><span dir="ltr">dijadikan </span><span dir="ltr">masukan </span><span dir="ltr">atau </span><span dir="ltr">acuan </span><span dir="ltr">pengambilan kebijaka</span><span dir="ltr">n dalam rangka upaya </span><span dir="ltr">peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah </span><span dir="ltr">Nurul Islam Airbakoman.</span></p> Khusnul khotimah Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/31 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 KONSEP PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MAKIYYAH-MADANIYYAH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/32 <p><span dir="ltr">Pendidikan di era kontemporan mengalami banyak </span><span dir="ltr">kendala karena mulai kehilangan panduan dan konsep </span><span dir="ltr">yang begitu rumit</span><span dir="ltr">. Hal ini mengakibatkan hasil dari </span><span dir="ltr">produk pendidikan tersebut mengalami kemunduran, </span><span dir="ltr">dimulai dari kenakalan remaja, hingga pejabat yang </span><span dir="ltr">hanya memikirkan diri sendiri tidak lagi memikirkan </span><span dir="ltr">kesejahteraan merupakan bukti bahwa kemunduran </span><span dir="ltr">dibidang pendidikan telah dialami di zaman ini. </span><span dir="ltr">Walaupun generasi terdahulu sudah ditetapkan sebagai </span><span dir="ltr">generasi terbaik akan tetapi konsep dan pola yang </span><span dir="ltr">Allah Swt berikan lewat Nabi dan Kitab</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">Nya dapat </span><span dir="ltr">menjadi r</span><span dir="ltr">ujukan konsep pendidikan sepanjang masa. </span><span dir="ltr">Perbedaan kondisi umat, bahasa dan zaman bukan </span><span dir="ltr">menjadi penghalang dalam mengambil konsep terbaik </span><span dir="ltr">ini. Konsep pendidikan yang diberikan merupakan </span><span dir="ltr">konsep pendidikan yang sudah terbukti sejak seribu </span><span dir="ltr">empat ratus tahun y</span><span dir="ltr">ang lalu. Konsep tersebut adalah </span><span dir="ltr">konsep Makkiyyah dan Madaniyyah yang menjadi </span><span dir="ltr">pokok bahasan dalam ulumul Quran dan tafsir. </span><span dir="ltr">Kemampuan menganalisis dalam kajian makkiyyah </span><span dir="ltr">madaniyyah yang dilakukan oleh para ulama klasik </span><span dir="ltr">maupun kontemporer hingga para orienta</span><span dir="ltr">lispun turut </span><span dir="ltr">andil didalamnya, sehingga dapat mengispirasi bagi </span><span dir="ltr">generasi modern ini untuk dengan mudah mengambil </span><span dir="ltr">secara kontek pendidikan terhadap kajian makkiyah </span><span dir="ltr">madaniyyah. Analisis tersebut menghasilkan sebuah </span><span dir="ltr">konsep pendidikan yang mudah dan ringkas </span><span dir="ltr">di</span><span dir="ltr">antaranya </span><span dir="ltr">: </span><span dir="ltr">penetapan </span><span dir="ltr">jenjang </span><span dir="ltr">pendidikan </span><span dir="ltr">berdasarkan fase makkah dan madinah, pengelolaan </span><span dir="ltr">materi pendidikan berdasarkan isi muatan materi yang </span><span dir="ltr">terdapat dalam ayat</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">ayat makkiyah, kurikulum </span><span dir="ltr">pendidikan disesuaikan dengan urutan turunnya surah </span><span dir="ltr">dan sesuai denga</span><span dir="ltr">n isi surah, dan Tujuan pendidikan </span><span dir="ltr">didasarkan pada tujuan Nabi Saw dalam mendidik para </span><span dir="ltr">sahabat pada fase makkah mapun fase madinah.</span></p> Sigit Budiyanto Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/32 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/33 <p><span dir="ltr">Sumber yang terbatas dan materi yang terlampau </span><span dir="ltr">banyak, sedangkan guru belum menggunakan media </span><span dir="ltr">berbasis multimedia sebagai media penunjang </span><span dir="ltr">pembelajaran, padahal sekolah memiliki ruang </span><span dir="ltr">komputer </span><span dir="ltr">beserta </span><span dir="ltr">komputer </span><span dir="ltr">yang </span><span dir="ltr">dapat </span><span dir="ltr">dioperasikan setiap siswa</span><span dir="ltr">.</span><span dir="ltr">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan </span><span dir="ltr">media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, </span><span dir="ltr">dan mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum </span><span dir="ltr">dan sesudah menggunakan media pembelajaran </span><span dir="ltr">berbasis multimedia menggunakan </span><span dir="ltr">Adobe Flash</span><span dir="ltr">di </span><span dir="ltr">MA Hidayatul Mubtadiin </span><span dir="ltr">Jati Agung.</span><span dir="ltr">Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, </span><span dir="ltr">analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis </span><span dir="ltr">data akhir dengan uji N</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">gain dan uji paired sample t</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">test.</span><span dir="ltr">Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase </span><span dir="ltr">yang didapat </span><span dir="ltr">media </span><span dir="ltr">pembelajar</span><span dir="ltr">an</span><span dir="ltr">Adobe Flash</span><span dir="ltr">sangat layak digunakan. </span></p> Putri Oktavia Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/33 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/34 <p>Manajemen pembelajaran merupakan proses mengelola, yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan), dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses membelajarkan peserta didik dengan mengikutsertakan berbagai faktor didalamnya, guna mencapai tujuan pendidikan dan berupaya meningkatkan mutu pendidikan.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses manajemen pembelajaran di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung berjalan dengan baik, dengan diterapkannya pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan dan pengorganisasian yang telah ditentukan; (2) Standar mutu pendidikan yang diterapkan oleh MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung terus meningkat (3) Mutu pendidikan MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung mengalami peningkatan dari tahun ke-tahun dilihat dari banyaknya lulusan yang berprestasi dan mampu melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi</p> Nurlela Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/34 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 METODE PEMBELAJARAN DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/36 <p><span dir="ltr">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode </span><span dir="ltr">pembelajaran dalam upaya internalisasi nilai</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">nilai ke</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">Islaman serta faktor</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">faktor yang menjadi pendukung dan </span><span dir="ltr">penghambat metode pembelajaran dalam internalisasi </span><span dir="ltr">nilai</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">nilai </span><span dir="ltr">ke</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">Islaman. Penelitian ini bersifat deskriptif </span><span dir="ltr">kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara </span><span dir="ltr">wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis </span><span dir="ltr">dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan </span><span dir="ltr">kesimpulan. </span><span dir="ltr">Berdasarkan </span><span dir="ltr">hasil </span><span dir="ltr">analisis </span><span dir="ltr">terdapat </span><span dir="ltr">serangkaian metode pembelajaran yang terdiri dari metode </span><span dir="ltr">pembiasaan, keteladanan, diskusi, penugasan, dan </span><span dir="ltr">problem solving. Metode pembelajaran ini dilaksanakan </span><span dir="ltr">secara simultan melalui proses transformasi nilai, transaksi </span><span dir="ltr">dan transinternalisasi, dan menjadi</span><span dir="ltr">pola pikir, sikap dan </span><span dir="ltr">tindakan peserta didik dalam kehidupan sehari</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">hari. </span><span dir="ltr">Faktor pendukung adalah lingkungan madrasah dan </span><span dir="ltr">masyarakat yang mencerminkan nilai</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">nilai ke</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">Islaman. </span><span dir="ltr">Faktor penghambat adalah tidak semua peserta didik </span><span dir="ltr">tinggal di asrama/pondok pesa</span><span dir="ltr">ntren</span></p> Nur Widiastuti Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/36 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000 MANAJEMEN PENDEKATAN PEMBELAJARANBAHASA ARAB http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/37 <p><span dir="ltr">Bahasa Arab merupakan bahasa </span><span dir="ltr">kedua setelah </span><span dir="ltr">bahasa </span><span dir="ltr">Indonesia, </span><span dir="ltr">bahasa </span><span dir="ltr">Arab </span><span dir="ltr">memiliki </span><span dir="ltr">karaktesistik dan tingkat kesulitan yang guru harus </span><span dir="ltr">memperhatikan pendekatan pembelajaran yang </span><span dir="ltr">strategis dan tepat bagi peserta didik. Terkait dengan </span><span dir="ltr">ini terdapat beberapa pendekatan bahasa Arab </span><span dir="ltr">diantara</span><span dir="ltr">nya pendekatan kemanusian, pendekatan </span><span dir="ltr">berbasis media, pendekatan mendengar</span><span dir="ltr">-</span><span dir="ltr">mengucap, </span><span dir="ltr">pendekatan analisis dan non analisi, pendekatan </span><span dir="ltr">alamiah, </span><span dir="ltr">pendekatan </span><span dir="ltr">aktual, </span><span dir="ltr">pendekatan </span><span dir="ltr">komunikatif. berbeda dengan bahasa lainya. </span><span dir="ltr">Fenomena ini menuntut adanya guru yang me</span><span dir="ltr">miliki </span><span dir="ltr">kualifikasi dengan tingkat kematangan yang tinggi </span><span dir="ltr">berupa kesabaran dan keuletan. Dalam penyajian </span><span dir="ltr">materi bahan ajar bahasa Arab khususnya Dengan </span><span dir="ltr">tujuan dapat meningkatkan efektifitas guru dalam </span><span dir="ltr">melakukan transformasi pengetahuan, keterampilan </span><span dir="ltr">bahasa </span><span dir="ltr">dan kebudayaan Arab.</span></p> Abdurochman Copyright (c) 2021 AL FATIH http://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/37 Thu, 05 Jan 2023 00:00:00 +0000