STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Hadi Mustofa IAIN Tulungagung

Keywords:

strategi pembelajaran scaffolding, kemandirian belajar, siswa.

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurang antusias dalam pembelajaran. kenyataannya proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Peserta didik hanya diam mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, membaca buku materi kemudian menghafal materi-materi yang tertulis dalam buku pelajaran. Menghafalkan materi-materi pembelajaran tanpa mengajaknya mengalami secara langsung. Seharusnya peserta didik bisa berperan akif, kreatif serta mandiri dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga kegiatan pembelajaran tidak lagi terpusat pada guru melaikan pada peserta didik. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran scaffolding dalam membentuk kemandirian belajar siswa.

Penelitian dengan subyek strategi pembelajaran scaffolding dalam membentuk kemandirian belajar siswa  ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif . Jenis Penelitian ini menggunakan fenomenologi. Fenomena yang tampak adalah refleksi dari realitas yang tidak berdiri sendiri karena ia meliliki makna yang memerlukan penafsiran lebih lanjut. Penelitian dilksanakan di kelas V MI Islaiyah Slumbung Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Strategi Pengelolaan Pembelajaran Scaffolding dalam Membentuk Kemnadirian Belajar siswa dapat dilakukan dengan Penjadwalan mengenai penggunaan media yang tepat dengan materi, metode metode yang harus di terapakan, alokasi waktu yang digunakan dalam belajar. Catatan kemajuan belajar bisa diperoleh saat proses pembelajaran maupun ketika evaluasi. Dari catatan kemajuan belajar tersebut guru bisa mengevaluasi kelebihan dan juga kekurangan siswa kemudian bisa untuk memberikan motivasi siswa agar lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. kontrol belajar yang mencangkup kebebasan siswa dalam berpendapat, terdapat korelasi antara siswa dengan media dan juga guru juga harus dikelola dengan baik agar proses pembelajaran dengan menggunakan strategi scaffolding benar benar menjadi strategi pembelajaran yang efektif. (2) Strategi Penyampaian Pembelajaran Scaffolding dalam Membentuk Kemandirian Belajar dapat dilakukan dengan penggunaan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yaang akan sampaikan. Metode yang dipergunakan dalam pembelajaran meliputi cramah, diskusi, rool play, tanya jawab dan juga demonstrasi. Pembelajaran diluar kelas (out door) juga dilakukan agar siswa tidak merasa jenuh dan memiliki suasana baru. Kegiatan pembelajaran dikakukan dengan guru memberikan salam, apersebsi, menjelaskan isi materi secara global dan meberikan tugas untuk diselesaikan bersama kelompok dilanjutkan pembagian kelompok, sesuai dengan tingkat kognitifnya pemberian bantuan secara penuh kepada siswa yaang kurang mampu dan lama kelamaan pemberian bantuan semakin dikurangi, pemaparan hasil kerja kelompok, dilanjutkan sesi tanya jawab antar siswa yang didampingi guru. Penjelasan inti dari pembelajaran, dilanjutkan salam dan do’a penutup.

Downloads

Published

2023-01-05

Issue

Section

Articles